Rabu, 23 Maret 2011

Tips Mengatasi Writers Block

Diposting oleh sachakarina di Rabu, Maret 23, 2011


Semua penulis pasti pernah mengalami writers block, saat dimana otak tiba-tiba lumpuh dan nggak bisa mikirin apa yang akan dituliskan di lembaran yang masih kosong. Intinya, nggak mampu buat nulis apa-apa. Ngerti kan maksudku??

Sebagai penulis *jiaaahhh*
(secara umum, semua orang yang bisa nulis, namanya penulis kan?) saya juga pernah mengalami Writers Block . Pokoknya, kalau liat lembar Word itu langsung sakit kepala. Pengen nulis sih tapi ide nggak ada. Gelap!

Dan Daniel (salah satu pendiri Jejakubikel) dengan baik hati bagi-bagi solusi untuk mengatasi Writers Block di Twitter. Semoga setelah baca ini Writers Blockmu bisa teratasi..


***

Writers Block bisa diatasi dengan beberapa cara tergantung penyebabnya.

Writers Block sendiri bisa disebabkan oleh:
1.Hati
2.Jenuh
3.Sulit ide
4.Sulit konsentrasi
5.Beban pekerjaan

Writers Block yang disebabkan suasana hati misalnya karena kepikiran kekasih yang jauh di sana, kangen, sedih, marah, bête,dll. Writers Block yang seperti ini sebaiknya dimanfaatkan. Luapkan dalam tulisan. Arsipkan. Kelak akan berguna. Writers block karena suasana hati berguna karena kita jujur mengalami perasaan itu. Kelak bisa dipakai untuk karakter di tulisan kita.

Writers block yang disebabkan kejenuhan menulis, harus disikapi dengan bijaksana. Tinggalkan sejenak, lakukan aktivitas lain.. writers block karena junuh menulis berarti kita harus lakukan aktivitas non baca tulis. Nonton film, jalan-jalan, shopping, music.

Writers block karena sulit ide? Ada beberapa cara.

1.Hang out with friends. Siapkan buku ide. Catatlah kata-kata random dari teman-teman.
2.Mendengarkan curhatan teman-teman. ‘rekam’ kisahnya, tambahkan drama.
3.Writers block karena tema yang ditentukan? Tulis dalam note. Buat windmap. Buat cabang 5W1H. Bumbui imajinasi
4.Baca, dengar, tonton, serap idenya. Modifikasi.

Writers block karena sulit konsentrasi bisa dengan menentukan tempat yang nyaman untuk menulis. Kafe, teras, kamar mandi, bebas! Juga atasi dengan menciptakan ‘pembatas’ antara dirimu dan sekitarmu. Music favorit via headset misalnya,

Writers block karena beban pekerjaan? Ini sih, gampang! Selesaikan dulu kerjaan. Nanti pasti gak keblock lagi..

***

0 komentar:

 

Karina Sacharissa Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review